Home / Tempat Wisata / Paliken Hills Tujuan Wisata Baru di Pangandaran

Paliken Hills Tujuan Wisata Baru di Pangandaran

WisataPriangan.co.id – Kab. Pangandaran memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang dapat dikunjungi salah satunya adalah Paliken Hills di kec. Padaherang ini. Berada di Dusun Pangasinan Desa Pasir geulis kec. Padaherang ini. Paliken Hills merupakan tempat wisata bertemakan keindahan alam yang mempesona dari atas ketinggian.

Foto Selfie

Foto Instagram @istyhariansyah

Pengunjung yang datang ke paliken hills kebanyakan para remaja yang biasanya ingin melakukan aktifitas seperti Foto Selfie, Hiking dan Camping. Nah bagi kamu yang suka selfie wajib datang ke tempat ini

Pesona alam

Foto kabarpriangan.co.id

Pesona alam yang ditawarkan adalah keindahan perbukitan, Keindahan pesawahan, Keindahan jembatan cinta dan menikmati keindahan lainya dari ketinggian.

Kuliner

Kuliner khas dari Paliken Hills Padaherang adalah Soto Entog dan makanan khas kampung seperti opak, renginang dan minuman lahang  yang diolah sedemikian rupa dengan ciri khas rasa yang luar biasa nikmat, dengan rempah-rempah khas pangandaran.

Tujuan lainya adalah melihat budaya seperti seni ronggeng gunung. Serta berbagai sufenir seperti tas kecil dari bambu, dan kerajinan gantungan kunci.

Sejarah Paliken Hills

Pada jaman dahulu Paliken Hills adalah lokasi mengatur setrategi perang merebut kerajaan Galuh Pangauban yang di kuasai oleh Prajurit Kalasamudra (Bajo). Dikisahkan sebelum berperang melawan perompak bajo di lokasi ini Dewi Samboja memilih pemimpin perang dengan cara saimbara.

Dengan kesaktian Dewi Samboja iya menancampak lidi ke dalam tanah dan mengadakan saimbara “Barang siapa yang dapat mencabut Lidi dialah yang akan menjadi Tamtama (Panglima) Perang”. Dari sekian banyak pemuda pilih tanding hanya seorang yang dapat mencabut lidi tersebut. Pemuda pilih tanding tersebut bernama Sawung Galing dan ternyata iya adalah Patih Kerajaan Galuh Pangauban yang di utus oleh Maharaja Sanghiang Cipta yang di perintahkan untuk mencari sosok Dewi Samboja.

Saembara yang di lakukan oleh Saung Galing di lakukan dengan susahpaya karena walaupun Lidi dapat di cabut tetapi permukaan tanah yang digunakan untuk menancapkan lidi ikut tercabut ke Permukaan sehingga berbentuk seperti Kelamin (Pria). Peristiwa itu kemudian di abadikan sampai sekarang menjadi nama lokasi yaitu Paliken. Dan lokasi tempat tercabutnya lidi dalam saembara di namakan situs Paliken.

Bagi wisatawan yang akan berkunjung dan berwisata ke Pangandaran jangan lewatkan destinasi wisata yang satu ini karena keindahan alam dan  budayanya sangatlah cocok untuk mereka yang ingin mengabadikan moment hangat bersama keluarga atau untuk dia yang paling spesial.

Lihat Juga

Thumbnails

Wisata Paralayang di Majalengka

Mau coba adrenalin kamu dengan terbang seperti superman dengan paralayang? Untuk kamu yang kebetulan ada ...