Home / Sejarah / Keindahan, Sejarah, dan Keagungannya Pura Ulun Danu Beratan Bali

Keindahan, Sejarah, dan Keagungannya Pura Ulun Danu Beratan Bali

Keindahan, Sejarah, dan Keagungannya Pura Ulun Danu Beratan

Bali selain dikenal dengan sebutan syurga dunia ini juga di kenal juga dengan sebutan tanah ribuan kuil ini menyajikan daya tarik tersendiri. Pura Ulun Danu Beratan misalnya memiliki daya pikat tinggi karena keindahan, sejarah, dan keagungannya. Komplek suci menurut keagamaan di Bali ini merupakan salah satu Pura yang terbesar, paling banyak dikunjungi, dan paling banyak difoto di Bali.

Sejarah Pura Ulun Danu Beratan Bali

Pura Ulun Danu Beratan adalah salah satu candi yang paling sering di kunjungi di Bali. Dan salah satu yang terbesar dan tidak lupa akan keindahan dan keagungannya. Sejarah candi ini ditulis pada manuskrip daun lontar tradisional yang menggambarkan sebuah kerajaan yang di pimpin dengan nama I Gusti Agung Putu. Ia baru saja mengalami kerugian dalam pertempuran melawan I Gusti Ngurah Batu Tumpeng. Sebagai upaya untuk mengumpulkan lebih banyak kekuatan dan pencerahan. I Gusti Agung Putu pergi ke Gunung Mangu, di dekat tempat Danau Beratan yang sekarang berada untuk bermeditasi.

Setelah mendapatkan kemenangan atas lawannya, I Gusti Agung Putu membangun sebuah kuil di Danau Beratan dan mendirikan kerajaannya sendiri. Kerajaan Mengwi. Sejarah Pura Ulun Danu Beratan ini, berhubungan dengan kerajaan kuno. Yang berasal dari tahun 1634 M atau 1556 menurut kalender Saka Bali. Namun, manuskrip yang sama menunjukkan bahwa lokasi tersebut telah menjadi tempat ritual sejak era Megalitik, dan ini dapat di buktikan karena adanya artefak yang ditemukan dan sekarang tersimpan di dalam kuil.

Kuil itu sendiri dinamai Dewi Danu, ratu air, yang juga dewi kecantikan dan kesuburan. Danau Beratan sendiri merupakan sumber air utama irigasi untuk pengairan ladang di Bali bagian tengah.

Pura Ulun Danu Beratan memiliki daya tarik arsitektur candi yang menakjubkan ini adalah Pelinggih Telengin Segara. Sebuah bangunan kuil bertingkat 11 yang berada di dataran tinggi di Danau Beratan dan tampak mengapung di danau yang magis dan tenang. Bangunan dengan atap berjenjang yang disebut meru ini menurut sejarah yang ada. Adalah merupakan simbol tempat kediaman para dewa pusat alam semesta.

Keindahan Pura Ulun Danu Beratan

Keindahan dari Pelinggih Telengin Segara ini hanyalah salah satu bagian dari kompleks candi yang menakjubkan ini. Pura Ulun Danu Beratan sebetulnya terdiri dari empat senyawa yang sakral. Masing-masing didedikasikan untuk dewa-dewa yang berbeda dalam agama Hindu. Meski pura berfungsi sebagai tempat pemujaan umat Hindu, ornamen arsitektural ala Buddha seperti patung Buddha juga bisa ditemukan di pura suci ini.

Nah, jika anda berminat untuk mengunjungi salah satu tujuan wisata keagamaan, budaya, dan tempat pariwisata terpenting di Bali. Candi ini adalah salah satu tempat tujuan anda yang harus di kunjungi. Dikarenakan candi ini juga paling banyak dikunjungi dan difoto di pulau ini.

Untuk biaya masuk ke pura religius nan ikonik ini. Pemerintah setempat mematok harga kurang lebih Rp. 50.000 per-orang.

Lihat Juga

Thumbnails

Festival Durian Bertarap Nasional Di Sindangwangi 2017

WisataPriangan.co.id – Buah durian merupakan buah khas indonesia yang banya disukai banyak orang. Dijamin icip sekali pasti ...