Home / Tempat Wisata / Obyek Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya

Obyek Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya

gunung-galunggung-tasikmalaya

Desa Linggajati di Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat memiliki wisata alam Gunung Galunggung dengan ketinggian sekitar 2.167 meter di atas permukaan laut. Sampai sekarang gunung berapi ini masih aktif namun tetap saja orang datang berkunjung untuk menikmati keindahan pemandangan yang disajikan di Gunung Galunggung terutama kawahnya yang memiliki danau hijau yang cantik.

Dari pusat Kota Tasikmalaya,Gunung Galunggung sendiri hanya berjarak 17 kilometer saja. Di objek wisata yang banyak didatangi oleh wisatawan lokal ini yang paling terkenal adalah kawah Gunung Galunggung. Untuk menuju kawah yang berada di puncak gunung ini para wisatawan tidak perlu bersusah payah mendakinya karena pengunjung dapat mendaki 620 anak tangga hingga sampai ke puncak. Dalam perjalanan menuju kawah tersebut pengunjung juga dapat menikmati panorama alam yang luar biasa seperti Hutan Ericaceous dan Hutan Montane. Sepanjang perjalanan anda bisa menikmati pohon-pohon rindang, udara sejuk sepoi-sepoi, hutan, dan sebagainya.

Keindahan Alam Objek Wisata Gunung Galunggung

gunung-galunggung

gunung-galunggung2

Kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya terkenal sebagai tempat memancing karena di danau kawah tersebut terdapat banyak habitat laut seperti ikan warna-warni yang bisa ditangkap. Danau yang memiliki air berwarna hijau tersebut berada di dasar kawah Gunung Galunggung. Di area objek wisata kawah tersebut juga banyak terdapat warung-warung makan yang menjajakan, masakan, makanan-makanan ringan dan minuman segar. Di tengah-tengah kawah ada sebuah gugusan pulau kecil yang di atasnya terdapat bendera Indonesia Merah Putih yang berkibar dengan gagahnya.

Pengunjung yang ingin tinggal lebih lama di Obyek Wisata ini bisa berkemah di sekitaran kawah. Selain fasilitas memancing dan berkemah, gunung ini juga memiliki beberapa fasilitas lainnya yang disediakan oleh Perum Perhutani seperti pemandian air panas, dan kolam renang. Kamar mandi beserta bak untuk berendam air panas pun juga disediakan bagi para pengunjung. Jika anda berasal dari ibu kota dan ingin berkunjung ke objek wisata ini maka diperlukan waktu sekitar tujuh jam sampai dengan delapan jam dengan kendaraan pribadi atau bus. Untuk itu lebih baik memulai perjalanan di malam hari dan anda akan tiba di objek wisata Gunung Galunggung saat pagi.

GEO_2010_NORM_1000913_PEMANDIAN AIR PANAS ALAMI GUNUNG GALUNGGUNG_2

Selain Pesona wisata Kawah Gunung Galunggung, Obyek Wisata ini juga menyodorkan tempat wisata pemandian Air Panas alami “Cipanas Galunggung”.

air-panas

Berendam air panas sepertinya adalah pilihan yang paling tepat untuk menghilangkan rasa penat dan lelah setelah menikmati keindahan wisata Gunung Galunggung. Pemandian air panas Cipanas yang terletak di samping/kaki Gunung Galunggung  yang arah masuk nya dari pintu gerbang ke sebelah kanan.

PengujungPadatiTempatWisataAlam-jawa-620x330

Nikmat rasanya setelah lelah berjalan mengelilingi wisata Kawah Gunung Galunggung, berendam air panas membantu proses relaksasi pada tubuh saya, memang ini adalah salah satu khasiat dari mandi air panas ini selain berfungsi juga sebagai pengurang rasa sakit bagi penderita rematik, dapat juga membantu menyembuhkan penyakit kulit, karena air panas ini bersifat antiseptik, serta membantu penyembuhan pasca stroke, namun tidak semua orang diperbolehkan untuk berendam di sini, larangan ini khusunya diberikan kepada penderita jantung, epilepsi dan darah tinggi*

hqdefault

Tak Hanya itu Pemandian Cipanas ini juga ada satu wahana Air Terjun Cipanas, Letak nya sebelah belakang Pemandian Cipanas

Bila kita merasa lapar setelah selesai berendam, jangan khawatir karena di seputaran area pemandian ini banyak tersedia warung-warung yang menjajakan makanan, rupanya para pedagang ini paham betul bahwa setelah selesai berendam, pasti akan sangat nikmat rasanya mengisi perut dengan makanan dan minuman yang hangat-hangat.

Ingin membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga pun mudah karena di sini juga banyak terdapat  pedagang-pedagang yang menjajakan oleh-oleh khas Tasikmalaya, dari makanan ringan, sayuran,Pisang Ranggap (pisang khas Galunggung), hingga gula kelapa khas dari Tasikmalaya.

Sumber: wisatanesia.co

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...