Home / Tempat Wisata / Ini dia… Tempat Terbaik Untuk Berlibur di Yogyakarta

Ini dia… Tempat Terbaik Untuk Berlibur di Yogyakarta

Sorotan alam, budaya, dan sejarah Yogyakarta telah lama menarik berbagai jenis wisatawan ke permata wisatanya. Entah mereka seorang petualang, budayawan atau hanya untuk jalan-jalan. Nilai Pariwisata di sini memang mengagumkan, karena memang Yogyakarta memiliki banyak tempat menarik untuk di kunjungi dan minat pengunjung.

Selain itu Yogyakarta atau banyak yang menyebutnya jogja terkenal sebagai pusat budaya dan seni di Indonesia, Selain digemari karena budaya Jawa-nya yang kental, Jogja juga terkenal destinasi wisata paling populer di Indonesia, dan yang paling wajib di coba.

Temukan hal-hal terbaik untuk dilihat dan dilakukan di Yogyakarta.

Candi Prambanan

Kompleks candi Hindu abad ke 9 yang megah ini merupakan salah satu tempat budaya terpenting di Indonesia . Konstruksi yang hebat ini menyimpan sejarah dan legenda kuno dalam setiap detail, dan ini adalah pemandangan yang menakjubkan untuk dilihat. Di kuil ini, Anda bisa menikmati pesona alam dan budaya, seperti matahari terbenam yang indah yang mengubah kuil-kuil besar menjadi siluet dan pertunjukan Ballet Ramayana yang dimulai tak lama setelahnya.
Candi Prambanan

Istana Air Taman Sari

Arsitektur yang menenangkan, mengagumkan dan istana kolam air yang besar ini merupakan istana rekreasi bagi istri sultan pertama Yogyakarta. Memiliki kolam renang, kebun, dan kamar yang lembut untuk bermeditasi, belajar, dan beristirahat. Wisatawan sekarang dapat mngunjungi Istana ini yang penuh dengan keindahan dan rahasia – termasuk benteng, ruangan, kolam renang, dan ruang bawah tanah.

Puri Air Taman Sari di Yogyakarta
Puri Air Taman Sari di Yogyakarta | © Maarten van der Bent / Flickr

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Sejak abad ke-18, keluarga kerajaan Kesultanan Yogyakarta telah tinggal di kompleks istana yang menakjubkan ini . Tampaknya sederhana dalam arsitektur dan gaya, istana ini sebenarnya adalah situs budaya dan sejarah yang sangat kaya, memegang artefak kuno dan pusaka yang diwariskan dari generasi ke generasi sultan, beberapa di antaranya dapat ditemukan di museum. Istana ini juga berhias dengan detail yang menggambarkan filosofi dan cara hidup orang Jawa. Di sini, wisatawan bisa menjelajahi beberapa bagian bangunan dan melihat tarian tradisional dan pertunjukan musik.

Interior Istana Yogyakarta
Interior Istana Yogyakarta | © Danumurthi Mahendra / Flickr

Berbelanja di Malioboro

Kawasan perbelanjaan Yogyakarta ini telah menjadi salah satu tempat paling populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Di sinilah barang bagus dapat ditemukan, mulai dari kerajinan tangan tradisional, batik , t-shirt, makanan ringan tradisional, dan lainnya. Anda tidak perlu panduan ke jalan ini, cukup ikuti, tunjukkan, (tawar-menawar sedikit) dan belilah beberapa barang untuk souvenir, karena Anda akan menemukan barang paling banyak di cari yang sudah terjangkau.

Museum-Museum

Sering dianggap sebagai ibukota budaya Indonesia, ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk memuaskan rasa ingin tahu Anda tentang salah satu budaya tertua dan paling menonjol di nusantara. Museum Ullen Sentalu menampilkan seni dan budaya Jawa terbaik, sementara Museum Affandi menampung karya-karya salah satu pelukis paling terkenal di Indonesia. Museum Batik menyatukan ratusan koleksi batik dari berbagai asal dan zaman. Dan masih ada lagi, seperti Museum Fort Vredeburg dari era kolonial, Museum Angkatan Udara, Museum Kode, dan beberapa lainnya.

Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo

Menjadi kota warisan budaya tidak menjadikan Yogyakarta kurang diminati bagi pemberani dan petualang. Yogyakarta memiliki repertoar yang luas dan beragam dalam hal alam, termasuk padang pasir yang tampaknya terpencil di Parangkusumo. Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang tidak biasa di surga tropis atau bahkan mencoba sandboard sambil menunggu matahari terbenam yang indah.

Parangkusumo Yogyakarta
Parangkusumo, Yogyakarta | © celebrityabc / Flickr

Pantai Safari

Anda mungkin tidak menduga ini, tapi wilayah Gunungkidul di Yogyakarta memiliki beberapa pantai yang paling menakjubkan di pesisir selatan Jawa. Jelajahi garis pantai yang luas di Yogyakarta dan Anda berada dalam kejutan yang tak ada habisnya, mulai dari kereta kabel di Pantai Timang hingga laguna yang terlindung batu yang tenang di Pantai Wedi Ombo.

Kereta kabel di Pantai Timang
Kereta kabel di Pantai Timang | © celebrityabc / Flickr

Caving Adventure

Gua Yogyakarta berfungsi sebagai salah satu sorotan alam yang paling banyak dicari. Banyak gua di Yogyakarta yang menawarkan aksi adrenalin yang membutuhkan banyak keterampilan atau keberanian yang sangat kuat, namun jalan yang menantang akan selalu membawa Anda ke tempat yang sama spektakulernya.

Gua Jomblang, misalnya, akan memberi penghargaan pada usaha para pelancong dengan ‘cahaya surga’ yang terkenal, fenomena alam di mana sinar matahari yang menyorot melalui celah-celah gua dan tampak di dari bawah terlihat seperti sinar cahaya yang lembut. Selain itu ada Gua Langse di sisi lainnya, adalah tempat meditasi yang terkenal dengan suara ombak menerjang di dinding gua.

Cahaya Surga di Gua Jomblang Yogyakarta
Cahaya Surga di Gua Jomblang di Yogyakarta | © César González Palomo / Flickr

Candi Borobudur

Secara teknis tidak di Yogyakarta, pura megah ini telah menjadi salah satu obyek wisata yang menarik dari kota pusaka. Ada banyak hal yang harus dilakukan di kuil ini, yang merupakan tempat suci Buddhis terbesar di dunia, mulai dari relief besar yang diukir di dinding kuil untuk menyaksikan matahari terbit.
borobudur indonesia

Lihat Juga

Thumbnails

Inilah Keindahan Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul Jogja

WisataPriangan – Kabupaten Gunung Kidul, dahulu sangat terkenal dan identik dengan kekeringan, hutan gundul, tanah tandus ...