Home / Sejarah / Kuil Budha Zamrud (Wat Phra Kaew) Bangkok – Thailand

Kuil Budha Zamrud (Wat Phra Kaew) Bangkok – Thailand

gohistoric_17437_m

Wat Phra Kaew atau Kuil Budha Zamrud (bahasa Thai: วัดพระแก้ว) mempunyai nama lengkap Wat Phra Sri Rattana Satsadaram, (bahasa Thai: วัดพระศรีรัตนศาสดาราม) adalah kuil Budha terpenting di Thailand.Wat Phra Kaew terdapat sebuah patung Buddha yang sangat suci yang tidak dapat didekati oleh siapapun terkecuali raja. Kuil ini terletak di tengah kota Bangkok, distrik Phra Nakhon, di area istana utama.

Tidak seperti kuil lainnya yang mempunyai kamar untuk para biksu, kuil ini hanya diperuntukkan sebagai bangunan suci, patung-patung dan pagoda-pagoda.

gohistoric_17443_m

Bangunan utama adalah pusat ‘ubosot’ (aula pentahbisan), yang merupakan tempat Emerald Buddha. Meskipun ukurannya kecil, itu adalah ikon yang paling penting bagi rakyat Thailand.

gohistoric_17442_m

Atraksi lainnya di Wat Phra Kaew termasuk model Angkor Wat, yang dibangun atas perintah King Rama IV ketika Cambodia masih berada di bawah kendali Siam. Model ini kemudian diciptakan kembali di plester di atas perintah Raja Rama V untuk merayakan hari seabad dari Kota Kerajaan. Juga, jangan lewatkan juga Balkon, yang tidak kalah indah dan menariknya dengan dinding candi. Mural dalam menceritakan kisah Ramayana secara keseluruhan. Pada kolom balkon adalah batu prasasti dari ayat-ayat yang menggambarkan mural. Setiap gerbang balkon yang dijaga oleh patung raksasa yang lima meter tingginya ‘Yaksa Tavarnbal’ (Raksasa Penjaga Gerbang), karakter yang diambil dari epik yang sama.

Sumber: Wikipedia, Kutipan

Lihat Juga

Thumbnails

10 Taman Safari Paling Menarik Di Dunia

Saat anda berfikir taman safari paling menarik di dunia, mungkin anda akan tertuju pada Taman ...