Home / Tempat Wisata / Bebatuan Unik Alif Stone Park Natuna – Kepulauan Riau

Bebatuan Unik Alif Stone Park Natuna – Kepulauan Riau

alif

Kabupaten Natuna ini memiliki banyak potensi wisata yang menakjubkan. Namun terbatasnya akses internet dan informasi membuat banyak orang belum banyak tahu tentang tempat tempat wisata yang ada di Kabupaten Natuna ini. Dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di Natuna, salah satu destinasi pantai yaitu Alif Stone Park.

Alif Stone Park memang memiliki daya tarik tersendiri jika dibandingkan tempat wisata lain di Indonesia.  Alif Stone Park tidak hanya menyuguhkan tempat wisata pantai namun ada hal lain yang membuat tampat ini berbeda, yaitu adanya hamparan batu besar yang tersebar sepanjang pesisir pantai.

natuna

Bagi sebagian orang nama Alif Stone Park mungkin masih terdengar asing khususnya orang Indonesia sendiri, padahal wisatawan mancanegara dari Singapura dan Australia yang menggunakan kapal yacht sering datang ke Natuna.

Nama Alif sendiri terkesan unik untuk sebuah tempat. Pemberian nama tersebut berasal dari sebuah batu yang berdiri tegak layaknya bentuk huruf hijaiyah Alif, dan itu merupakan batu satu-satunya dari sekian banyak yang terdapat pada kawasan Alif Stone Park di Kepulauan Natuna.

Pada mulanya pantai dengan batu-batuan yang berserakan ini hanyalah tempat biasa, kemudian sejak 2008 dimulailah gagasan untuk mengelola lokasi ini.

Dalam kurun beberapa tahun Alif Stone Park berubah menjadi tempat yang banyak dikunjungi karena memang letaknya dekat dengan kota Ranai, ibu kota di Kabupaten Natuna. Perbaikan serta penyediaan berbagai sarana untuk menunjang tempat wisata ini semakin ditingkatkan mengingat kunjungan wisatawan baik domestik maupun asing semakin meningkat ke Natuna.

Untuk menuju ke lokasi ini menghabiskan waktu kurang lebih setengah hari dari ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, menggunakan transportasi laut berupa kapal feri. Tetapi sangat dekat dari Kota Ranai, paling hanya memakan waktu 10 sampai dengan 15 menit perjalanan darat. Alif Stone Park terletak di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, sekitar 10 km dari Kota Ranai.

Ketika pertama kali datang ke tempat ini, kita akan melewati celah-celah batu dengan lebar 1 meter, cukup berjalan sekitar 10 meter kita akan menemukan pintu masuk berupa batu besar.

Setelah melewati pintu masuk, hamparan batu akan tampak di mana-mana sepanjang pesisir pantai. Di beberapa bongkahan batu besar terdapat jembatan kecil untuk kita lewati. Ini memudahkan kita untuk pindah dari satu batu ke batu lain.

Bagi kalian yang suka berfoto, ada banyak tempat yang bisa dijadikan latar belakang untuk selfie. Berbagai obyek yang menarik membuat tempat ini sayang jika dilewatkan oleh para fotografer. Batu yang menjadi ikon Alif Stone Park di Natuna tentu harus kalian temukan jika mengunjungi tempat ini.

natuna2

Taman Batu Alif atau yang lebih dikenal dengan Alif Stone Park selalu ramai dikunjungi saat sore hari. Meski belum terlalu banyak fasilitas wisata yang bisa dinikmati namun melewati sunset di antara bebatuan dan pasir pantai yang putih sangat cocok bagi fotografer maupun traveler yang ingin menikmati suasana sore.

Pemandangan pantai yang eksotis berpadu dengan batu-batu granit di pesisir pantai, air laut yang jernih beserta kekayaan biota serta berbagai hal unik yang terdapat di Alif Stone Park mampu membuat siapa saja ingin kembali lagi setelah mengunjungi tempat ini.

Untuk mengeksplor salah satu keindahan Natuna ini tidak perlu merogoh kocek untuk bisa masuk ke Alif Stone Park di Natuna karena tidak pakai tiket alias gratis.

Sumber: travel.kompas

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id РJika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...