Home / Tempat Wisata / Keindahan Danau Kelimutu

Keindahan Danau Kelimutu

danau-kelimutu

Danau Kelimutu adalah Danau yang berada di atas gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Kelimutu merupakan gabungan kata dari “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna – warna yang ada di dalam danau. Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Danau Kelimutu ini menawarkan pesona keindahan alam yang luar bisa, yang mesti dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

Sunrise Danau Kelimutu

Kelimutu1
Sunrise Danau Kelimutu yang menakjubkan

Sunrice Danau Kelimutu ini menawaarkan pesona keindahan alam yang luarbisa, Terutama bagi penghobi fotografi, mengabadikan cantiknya Kelimutu pasti jadi tantangan tersendiri. Momen terbaik tentu saja saat sunrise, benar-benar dahsyat!

Tak salah jika para turis, baik domestik maupun luar negeri rela bersiap dari pagi buta untuk trekking dan melihat momen sunrise di puncak Gunung Kelimutu. Pesona ketiga kawahnya akan siap membius indera penglihatan.

Mitos dan legendanya menarik

Selain pemandangan alam yang dahsyat, Danau Kelimutu juga menyimpan kisah-kisah mitos yang menyelimuti keberadaannya. Terutama kisah tentang asal-usul danau 3 warna yang ada di puncak. Masyarakat Suku Lio yang tinggal di sekitar Danau Kelimutu percaya, arwah leluhur mereka yang sudah meninggal bersemayam di ketiga danau tersebut.

Arwah para tetua adat akan bersemayam di Tiwu Ata Mbupu yang berwarna hijau kegelapan. Arwah pemuda dan pemudi akan bersemayam di Tiwu Nuwa Muri Koofai yang berwarna biru muda, sementara arwah orang jahat dan tukang sihir akan menempati Tiwu Ata Polo yang berwarna merah darah. Begitulah menurut kepercayaan Suku Lio.

Ada juga mitos tentang Garugiwa, sang burung arwah yang mendiami Taman Nasional Kelimutu. Konon burung ini bisa menirukan hingga 15 jenis kicauan suara burung berbeda sekaligus. Namun anehnya, kamu akan sulit melihat wujud sang burung. Pantas jika namanya sebagai burung ‘arwah’. Bikin penasaran!.

Cuacanya sejuk

Letak Kota Ende yang berada di ketinggian dan kontur alamnya yang berbukit-bukit ternyata membawa berkah tersendiri. Cuaca di Ende sejuk dan bikin betah. Jika Kamu sudah bosan dengan kehidupan Kota yang sumpek, bising dan panas, boleh banget loh menyepi sejenak di Ende untuk melihat Danau Kelimutu, sambil menikmati sejuknya dan keindahan alam Danau Kelimutu yang luarbisa.

 Ritual upacara adat tahunan

kelimutu2
Upacara Adat

Setiap tahunnya di Danau Kelimutu juga digelar upacara adat yang sangat menarik untuk disimak. Nama upacaranya adalah Pati Ka Du’a Bapu Ata Mata. Inilah upacara memberi makan roh leluhur yang dilakukan para tetua adat Suku Lio.

Upacara digelar tepat pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya. Tak kurang ratusan hingga ribuan orang melihat prosesi adat ini, termasuk turis mancanegara.

Fenomena alam unik

kelimutu1 (1)
Air Danau Kelimutu Yang bisa berubah-ubah

Danau Kelimutu juga punya fenomena alam unik yang mesti tahu. Warna danaunya selalu berubah-ubah dalam kurun waktu 25 tahun terakhir. Mulai dari biru muda menjadi putih, merah, biru menjadi hijau toska, hingga biru menjadi hitam pekat. Konon perubahan warna ini terkait adanya reaksi kimiawi antara senyawa dan organisme yang ada di dalam air danau.

Ada pula yang mengatakan perubahan warna itu terkait tentang peristiwa alam yang akan terjadi. Yang jelas, dari sekian banyak danau di Indonesia, Danau Kelimutu barangkali menjadi satu-satunya danau yang fenomena alamnya banyak diburu wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Kamu juga, segera masukkan Danau Kelimutu ke daftar tujuan liburan berikutnya!

Sumber: Wikipedia, Travel Detik

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...