Home / Berita / Waktu Terbaik untuk Menikmati Aurora Borealis

Waktu Terbaik untuk Menikmati Aurora Borealis

Waktu Terbaik untuk Menikmati Aurora Borealis
Aurora Borealis (feelgrafix.com)

Aurora Borealis adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet. Aurora Borealis adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet. Pancaran cahaya yang berwarna-warni di langit tersebut dapat dilihat di bagian utara dan selatan bumi.

Salah satu tempat yang dapat dikunjungi untuk menikmati Aurora Borealis adalah Desa Rovaniemi di Finlandia. Wisatawan dapat menyaksikan fenomena alam dan dapat juga mendokumentasikan dengan kamera. Namun kapan waktu terbaik untuk menikmati Aurora Borealis?

Waktu terbaiknya adalah pada bulan Desember hingga Februari. Lebih baik karena cuaca sudah lebih dingin,” Vice Presiden Commercial Dwidayatour, Hendri Yapto kepada KompasTravel di sela-sela acara Dwidayatour Carnaval 2015 di Plaza Indonesia, Jakarta, Jumat (2/10/2015) sore.

Untuk menikmati Aurora Borealis, lanjut Hendri, sebenarnya dapat dimulai dari bulan Oktober hingga Maret. Namun pada bulan Desember hingga Februari, cahaya akan dapat memendar sempurna di salju.

“Untuk dapat melihatnya harus bebas polusi. Spot terbaiknya ke utara di atas lintang semakin bagus,” katanya.

Ia juga mengatakan untuk menikmati fenomena Aurora Borealis, total waktu minimal terbaik adalah empat hari. Waktu tersebut merupakan ideal untuk berburu Aurora Borealis.

“Cukuplah empat hari. Kalau tidak dapat di hari pertama, kan masih ada cadangan waktu,” katanya.

Rovaniemi yang berada di utara Finlandia dan sebagian wilayah Finlandia berada di lingkaran kutub utara. Rovaniemi dapat dicapai dari berbagai wilayah seperti Helsinski, Oslo, dan Norwegia.

(Wahyu Adityo Prodjo/Kompas.com)

Sumber: NatGeo Via BaBe

Lihat Juga

Thumbnails

Ini dia… Tempat Terbaik Untuk Berlibur di Yogyakarta

Sorotan alam, budaya, dan sejarah Yogyakarta telah lama menarik berbagai jenis wisatawan ke permata wisatanya. ...