Home / Tempat Wisata / Selama Tiga Hari Peserta Ekspedisi Susuri Cagar Budaya di Wilayah Cirebon

Selama Tiga Hari Peserta Ekspedisi Susuri Cagar Budaya di Wilayah Cirebon

640fc53aaa87441b342d4bc48deed6a8
Tiar Renas Y

Peserta West Java Heritage Expedition 2015 menjelajah sejumlah lokasi cagar budaya di wilayah Cirebon, Jawa Barat. Sebanyak 95 peserta dari berbagai kalangan melakukan kegiatandi titik-titik cagar budaya selama 3 Hari, 5-7 Oktober 2015.

Pada hari pertama Para peserta West Java Heritage Expedition sebelumnya telah melakukan perjalanan dengan rute Kota Bandung-Talaga Manggung (Majalengka), Situs Purbakala Cipari (Kuningan), Museum Linggarjati (Kuningan) serta Desa Wisata Cibuntu (Kuningan).

Dalam perjalanan di hari ke dua, peserta ekspedisi mendatangi Keraton Kasepuhan yang terletak di Cirebon.. Dalam kunjungannya ini peserta disambut oleh unsur budaya kekeratonan yang khas, seperti Tari TopengCirebon. Tak lupa juga penyambutan dari Sultan Sepuh XIV P.R.A Arief Natadiningrat S.E

Kegiatan yang diikuti mulai dari mahasiswa, geologis, antropologis, budayawan, para peneliti, para pemerhati museum, jurnalis, serta para pegawai Disparbud dan berbagai elemen lainnya yang concern terhadap pelestarian cagar budaya. Selama tiga hari para peserta ekspedisi akan menelusuri berbagai peninggalan cagar budaya seperti situs dan artefak serta peninggalan budaya lainnya di empat kota yang menjadi tujuan penjelajahan para peserta ekspedisi.

Hasil penjelajahan dan penelusuran cagar budaya tersebut nantinya akan menjadi masukan bagi Pemprov Jabar guna membenahi dan melestarikan berbagai peninggalan cagar budaya dalam rangka mewujudkan target Jabar sebagai pusat budaya kelas dunia pada 2020.

Dikatakan Kepala Balai Pengelolaan Cagar Budaya, Nilai Budaya dan Sejarah Drs. H. Casmadi, untuk ekspidisi hari ke dua lebih kepada penekanan ajang silaturahmi atau bisa dikatakan wisata budaya religi.

“Saya berharap dengan silaturahmi ini, para peserta bisa memahami sebuah nilai Kebudayaan, betapa tidak karena Di Keraton ini (Kasepuhan) peninggalan sejarah tersebut masih dilestarikan dalam wujud yang orisinil (asli),” katanya.

Tiar Renas Y

Sumber: Galamedianews Via BaBe

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id РJika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...