Home / Tempat Wisata / Kemegahan Istano Basa Pagaruyung

Kemegahan Istano Basa Pagaruyung

Istano Basa Pagaruyung121331343

ISTANO Basa Pagaruyung menjadi tempat finish Tour de Singkarak 2015 etape enam. Istana ini merupakan obyek wisata populer di Batusangkar. Jika berkunjung ke Padang, sempatkanlah untuk mengunjungi Istano Basa Pagaruyung yang berada di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istano Basa berarti istana besar yang dahulu digunakan sebagai tempat tinggal keluarga Kerajaan Minangkabau.

Meski demikian, Istano Basa yang berada di Kecamatan Tanjung Emas ini bukanlah istana asli kerajaan. Karena istana asli telah terbakar, sehingga dibangun kembali istana yang menyerupai istana sebenarnya. Istano Basa berbeda dengan rumah gadang pada umumnya. Istana ini memiliki tiga tingkat dan berukuran besar, sehingga kerap digunakan sebagai salah satu lokasi acara-acara besar.

“Istano Basa ini salah satu obyek wisata populer yang ada di Tanah Datar,” ujar PelaksanaHarian (Plh) Bupati Tanah Datar, Hardiman kepadaOkezone di Istano Basa Pagaruyung, Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat, Kamis (8/10/2015).

Pada etape keenam Tour de Singkarak 2015, Istano Basa Pagaruyung digunakan sebagai garis finish. Para pebalap pun dijamu di dalam istana megah ini. Namun sebelum masuk ke Istano Basa, setiap pengunjung harus berpakaian sopan, maka para pembalap dipakaikan sarung untuk menjaga adat tanah Minangkabau.

“Kain saruang ini motifnya asli Minang. Biasanya dipakai untuk sholat. Tapi karena yang mau naik ke Rumah Gadang harus sopan pakaiannya, maka mereka pakai kain saruang ini,” ujar Rahmat Pramayudha sebagai Uda Duta Wisata Tanah Datar 2015.

Yudha menambahkan, Istano Basa Pagaruyung adalah obyek wisata yang dibuka untuk umum. Tak hanya diminati turis domestik, Istano Basa Pagaruyung juga kerap dikunjungi wisatawan mancanegara.
Sumber: Okezone – Travel Via BaBe

Lihat Juga

Thumbnails

Air Terjun Tegenungan di Bali Menyediakan Kenyamanan yang Paling Nyaman

WisataPriangan.co.id – Jika Anda sedang berada di bali, dan menginginkan  ketenangan dan dari keramaian dan ...